Selasa, 19 April 2011

Kamu adalah Apa yang Kamu Kenakan

Sebenarnya sudah lama sekali saya (mewakili Bobby dan Eka) ingin membicarakan masalah ini ke publik tapi kami terlalu sibuk memikirkan musik, konser dan lain-lainnya sehingga baru sekarang bisa tercurahkan. Kami sangat bangga melihat dalam setiap konser SID ada ratusan bahkan kadang ribuan penonton yang mengenakan atribut (khususnya T-shirt) yang bertema SID. 

Kami merasa tersanjung dan ada perasaan menyatu dengan penonton. Itu adalah hal yang indah. Namun dilain sisi, ada hal yang sedikit menggangu pikiran kami, yaitu banyaknya beredar t-shirt SID bajakan yang entah dicetak sendiri oleh para Outsiders/Lady Rose atau dibeli dari toko toko tertentu. Yang kami permasalahkan bukan segi bajakan atau tidaknya T-shirt tersebut, namun lebih kepada penjiplakan 100% dari design T-shirt original yang kami produksi sendiri.

Mungkin banyak yang tidak tahu betapa susahnya kami (terutama Bobby Kool yang mendesign hampir seluruh T-shirt SID] mencari ide yang relevan dengan musik dan misi kami, menuangkannya ke dalam bentuk gambar lalu mengaplikasikannya ke T-shirt.

Itu bukanlah pekerjaan yang mudah, Bobby bahkan sering begadang hingga pagi hanya untuk membuat design tersebut.

Yang coba kita katakan disini adalah, kalian Outsiders/Lady Rose SILAKAN membuat atribut SID sesuka hati kalian namun ingat, buatlah dengan kreasi dan hasil pikir imajinasimu sendiri. Jangan cuma menjiplak design yang sudah kami bikin.

Movement ini kami lakukan bukan semata untuk menaikkan penjualan merchandise original kami, namun kami lebih melihat pada sisi edukasinya. Agar kalian tidak terbiasa menjadi tukang jiplak dan agar kalian terbiasa untuk menghargai hasil karya (dalam hal ini design) orang lain.

Jiwamu tercermin dari apa yang kamu kenakan. Mulailah menghargai orang lain jika ingin lebih dihargai.

Cheers!
Jrx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar