Selasa, 19 April 2011

STORIES MCR SONGS

Berikut beberapa fakta dan cerita di balik Lagu My Chemical Romance :

HELENA

Lagu yang berasal dari album kedua mereka THREE CHEERS FOR SWEET REVENGE ini, ternyata mempunyai fakta yang menarik dan makna yang cukup menyentuh di dalamnya. Diakui Gerard Way (vokalis MCR), Lagu ini adaLah Lagu yang paling penting di album sophomore meraka.
HELENA merupakan lagu penghargaan yang sengaja dibuat untuk nenek Gerard dan Mickey Way (Gitaris MCR). Mereka berdua mengakui, bahwa nenek mereka sangat berarti. neneknya yang mengajari Gerard cara menggambar, melukis, dan bernyanyi, dan si nenek juga membelikannya mobil pertama - van putih - yang terlihat di video "im not okay( i promise)"
Nama sang nenek adalah ELENA. Itu juga yang menjadi dasar dari judul Lagu ini.
Saking pentingnya Lagu ini untuk Gerard, bahkan pada saat proses pembuatan videoklipnya, Gerard sempat nangis, sampai akhirnya dia memutuskan untuk keLuar dari ruangan tempat syuting. Karena menurutnya Lagu itu terlalu emosional.

Sepanjang Warped Tour 2005, Gerard memperkenalkan lagu ini sebagai yang paling penting lagu untuk dirinya dan bandnya.

Sebelum memainkan lagu ini selama tur mereka 2005 Amerika, Gerard Way akan memberitahu penontonnya dan melihat ke atas sambil berkata, "Hei grandma! What's Up?"
But if you carry on this way, Things are better if I stay, So long and goodnight, So long and goodnight...


FAMOUS LAST WORDS

Dengan durasinya yang lumayan panjang, sekitar lima menitan, lagu ini lebih terasa nuansa Rocknya. Lagu yang berasaL dari aLbum THE BLACK PARADE ini bercerita tentang perjuangan seseorang. Seseorang yang akan meninggal dan sudah tidak ada harapan hidup lagi (alias pasti mati!), ternyata masih bersemangat untuk hidup. Semangatnya inilah yang membuat semua orang sadar, bahwa dia masih punya pilihan untuk hidup, walaupun tidak mungkin melawan kematian.
Menurut Gerard, Lagu ini memiliki arti lain. Bahwa seseorang itu pasti punya pilihan. Nggak harus peduli halangan atau cobaan apa yang menghalangi, dia pasti punya jalan keluar yang mungkin nggak disadarinya.


WELCOME TO THE BLACK PARADE

Hits single dari album THE BLACK PARADE ini tampak menjelaskan keseluruhan konsep album ketiga MCR tersebut.
Disini diceritakan bahwa sesorang menderita penyakit hebat, yang membuatnya harus berhadapan dengan kematian. Hal yang dia ingat dan mungkin kenangan terindahnya sebeLum ajal adaLah parade yang sempat dia hadiri dulu bersama ayahnya. Dan ayahnya berpesan kalau saat dia besar ayahnya ingin dia menjadi penolong terhadap yang lemah dan melawan yang kuat.
Parade ini jugalah yang mengantarkannya ke akhir hidupnya. Akhir hidupnya diwarnai dengan parade, yang menuntunnya ke kehidupan selanjutnya.


CANCER

Sama seperti juduLnya, lagu ini bercerita tentang seorang pasien yang menderita penyakit kanker. Lirik daLam Lagu ini diceritakan dari perspektif sang pasien. 
Pasien ini sedang merasakan sakit yang luar biasa (dan lagi-lagi hampir mati), akibat penyakit yang dideritanya. Tapi, yang lebih membuatnya sakit lagi, saat dia memikirkan bagaimana perasaan orang-orang dekat yang akan ditinggalnya.
Bait demi bait lirik lagu ini benar-benar meggambarkan sakit yang diderita oleh sang pasien. MuLai dari rambut rontok akibat kanker, efek dari chemo therapy, sampai sakit hati yang dirasakan.

THE GHOST OF YOU
Lagu ini mungkin jelas bercerita tentang perasaan takut kehilangan seseorang yang penting di hidup kita. Misalnya, pasangan hidup, atau keLuarga.
Menurut Gerard, kehilangan seseorang yang penting bisa membuat hidup kita berubah. Gerard juga mengatakan bahwa di Lagu ini, bukan hanya kehiLangan pasangan hidup yang diceritakan. Selain keluarga, bisa juga kehiLangan sahabat atau teman-teman. Intinya, Lagu ini bercerita tentang kehiLangan orang yang penting dihidup kita.

MAMA 
Lagu ini bisa dibilang lagu tobat. Lagu tentang seseorang yang mengirim surat ke ibunya yang memberitahukan segala kejelekan dia.
Pada surat tersebut dia meminta maaf dan merasa tidak pantas untuk masuk ke surga sekaligus pamit ke neraka, walaupun ibunya tak rela.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar